Capaian Pembelajaran Lulusan

Kode Rumusan CPL 
CPL 
S1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius 
S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika 
S3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila 
S4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa 
S5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain 
S6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan 
S7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara 
S8  Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik 
S9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri 
S10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan 
S11 Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan akhlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya 
S12 Memiliki kepribadian dan interaksi sosial yang berempati dan humanis 
S13 Mengintegrasi nilai-nilai agama dalam pembelajaran fisika 
P1 Mengetahui konsep teoritis fisika klasik dan modern (kuantum) secara umum 
P2 Menguasai konsep, prinsip dan aplikasi matematika, statistika, elektronika dan komputasi 
P3 Menguasai struktur (termasuk hubungan fungsional antar konsep) ilmu fisika dan multidisplin ilmu 
P4 Menguasai konsep fisika dalam menganalisis dan memecahkan persoalan lingkungan 
P5 Menguasai kajian pengetahuan berdasarkan nilai kearifan lokal di masyarakat 
P6 Menguasai teori dan teknik pengembangan alat laboratorium fisika untuk sekolah 
P7 Menguasai konsep umum dan prinsip manajemen (perencanaan, operasional, pengawasan, evaluasi dan perbaikan) laboratorium fisika untuk sekolah 
P8 Menguasai konsep dan tata kaidah dalam Bahasa untuk mendukung proses pembelajaran fisika 
P9 Menguasai konsep teoritis pendidikan dan teknik pendampingan peserta didik 
P10 Menguasai teoritis, prinsip, metoda dan teknik pedagogik pembelajaran fisika (physics teaching pedagogy) secara mendalam, yang meliputi : kurikulum, model pembelajaran, pengembangan media dan bahan ajar, penilaian dan evaluasi hasil belajar serta penyusunan rencan pembelajaran 
P11 Menguasai konsep umum dan metode penelitian kependidikan di bidang fisika 
P12 Menguasai konsep dasar teoritik dalam beberapa cabang ilmu yang termasuk dalam rumpun ilmu alam, humaniora dan terapan secara mendalam 
P13 Menguasai prinsip dan konsep kewirausahaan 
KU1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya 
KU2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur 
KU3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni 
KU4 Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi 
KU5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data 
KU6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya 
KU7 Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya 
KU8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri 
KU9 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi 
KK1 Mampu menganalisis miskonsepsi dalam pembelajaran fisika 
KK2 Mampu mengoperasikan instrumentasi untuk proses pembelajaran fisika 
KK3 Mampu menganalisis data sains secara komputasi 
KK4 Mampu menganalisis masalah, menemukan sumber masalah dan menyelesaikan masalah isu lingkungan berdasarkan kaidah fisika 
KK5 Mampu memanfaatkan laboratorium untuk pembelajaran fisika serta mengusulkan berbagai solusi alternatif terhadap permasalahan laboratorium fisika 
KK6 Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika sekolah menengah melalui analisis materi subjek (pedagogical content knowledge) secara mandiri sesuai dengan kurikulum yang berlaku, prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, dan lingkungan alam sekitar 
KK7 Mampu mengembangan media pembelajaran fisika berbasis IT dan kearifan local 
KK8 Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas dan penggunaan laboratorium untuk pembelajaran fisika 
KK9 Mampu melaksanakan pembelajaran fisika sekolah menengah dengan pendekatan saintifik sesuai dengan karakteristik materi dan karakterisitik siswa agar mampu mengembangkan kemampuan berfikir dan sikap ilmiah 
KK10 Mampu meningkatkan kualitas, efektivitas, dan efisiensi peringkat pembelajaran fisika secara mandiri dengan menggunakan kaidah keilmuan dan prinsip-prinsip inovasi 
KK11 Mampu melaksanakan kegiatan penilaain dan evaluasi proses dan hasil belajar yang shahih, handal, objektif dan praktis (sesuai dengan karakteristik pembelajaran fisika) 
KK12 Mampu melakukan analisis refleksi terhadap pembelajaran (melalui pengamatan dan umpan balik dari peserta didik) untuk peningkatan kualitas pembelajaran 
KK13 Mampu mempromosikan pentingnya pembelajaran fisika bagi siswa, orang tua siswa, maupun masyarakat umum dengan menggunakan media komunikasi konvensional atau mutakhir yang efektif dan relevan 
KK14 Mampu merencanakan kariernya sendiri (career and personal development
KK15 Mampu melakukan penelitian pendidikan dengan pendekatan kuantitatif dan atau kualitatif untuk menyelesaikan masalah pembelajaran fisika dan membuat laporan hasil penelitian dalam bentuk artikel ilmiah 
KK16 Mampu menjalin hubungan professional dan interpersonal secara konstruktif dan bertanggung jawab untuk membantu menyelesaikan persoalan pendidikan dan pembelajaran baik secara individu maupun kelompok 
KK17 Mampu memberikan alternative pemecahan masalah bidang sosial, humaniora, terapan dan kealaman yang terjadi pada individu, kelompok, organisasi, dan masyarakat tanpa membedakan suku, agama, ras dan tingkat usia 
KK18 Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis, serta membangun hubungan interpersonal dan interpersonal yang produktif berbasis iptek dan potensi lingkungan setempat serta sesuai standar proses dan mutu 
KK19 Menguasai bahasa Inggris dalam pembelajaran fisika dan kegiatan forum ilniah fisika 
KK20 Mampu melakukan aktivitas-aktivitas fisika untuk menjaga kesehatan sehari-hari 
Scroll to Top