CPL | |
S1 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius |
S2 | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika |
S3 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila |
S4 | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa |
S5 | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain |
S6 | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan |
S7 | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara |
S8 | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik |
S9 | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri |
S10 | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
S11 | Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan akhlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya |
S12 | Memiliki kepribadian dan interaksi sosial yang berempati dan humanis |
S13 | Mengintegrasi nilai-nilai agama dalam pembelajaran fisika |
P1 | Mengetahui konsep teoritis fisika klasik dan modern (kuantum) secara umum |
P2 | Menguasai konsep, prinsip dan aplikasi matematika, statistika, elektronika dan komputasi |
P3 | Menguasai struktur (termasuk hubungan fungsional antar konsep) ilmu fisika dan multidisplin ilmu |
P4 | Menguasai konsep fisika dalam menganalisis dan memecahkan persoalan lingkungan |
P5 | Menguasai kajian pengetahuan berdasarkan nilai kearifan lokal di masyarakat |
P6 | Menguasai teori dan teknik pengembangan alat laboratorium fisika untuk sekolah |
P7 | Menguasai konsep umum dan prinsip manajemen (perencanaan, operasional, pengawasan, evaluasi dan perbaikan) laboratorium fisika untuk sekolah |
P8 | Menguasai konsep dan tata kaidah dalam Bahasa untuk mendukung proses pembelajaran fisika |
P9 | Menguasai konsep teoritis pendidikan dan teknik pendampingan peserta didik |
P10 | Menguasai teoritis, prinsip, metoda dan teknik pedagogik pembelajaran fisika (physics teaching pedagogy) secara mendalam, yang meliputi : kurikulum, model pembelajaran, pengembangan media dan bahan ajar, penilaian dan evaluasi hasil belajar serta penyusunan rencan pembelajaran |
P11 | Menguasai konsep umum dan metode penelitian kependidikan di bidang fisika |
P12 | Menguasai konsep dasar teoritik dalam beberapa cabang ilmu yang termasuk dalam rumpun ilmu alam, humaniora dan terapan secara mendalam |
P13 | Menguasai prinsip dan konsep kewirausahaan |
KU1 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya |
KU2 | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur |
KU3 | Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni |
KU4 | Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi |
KU5 | Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data |
KU6 | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya |
KU7 | Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya |
KU8 | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri |
KU9 | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi |
KK1 | Mampu menganalisis miskonsepsi dalam pembelajaran fisika |
KK2 | Mampu mengoperasikan instrumentasi untuk proses pembelajaran fisika |
KK3 | Mampu menganalisis data sains secara komputasi |
KK4 | Mampu menganalisis masalah, menemukan sumber masalah dan menyelesaikan masalah isu lingkungan berdasarkan kaidah fisika |
KK5 | Mampu memanfaatkan laboratorium untuk pembelajaran fisika serta mengusulkan berbagai solusi alternatif terhadap permasalahan laboratorium fisika |
KK6 | Mampu membuat perangkat pembelajaran fisika sekolah menengah melalui analisis materi subjek (pedagogical content knowledge) secara mandiri sesuai dengan kurikulum yang berlaku, prinsip desain instruksional, pendekatan saintifik, dan lingkungan alam sekitar |
KK7 | Mampu mengembangan media pembelajaran fisika berbasis IT dan kearifan local |
KK8 | Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas dan penggunaan laboratorium untuk pembelajaran fisika |
KK9 | Mampu melaksanakan pembelajaran fisika sekolah menengah dengan pendekatan saintifik sesuai dengan karakteristik materi dan karakterisitik siswa agar mampu mengembangkan kemampuan berfikir dan sikap ilmiah |
KK10 | Mampu meningkatkan kualitas, efektivitas, dan efisiensi peringkat pembelajaran fisika secara mandiri dengan menggunakan kaidah keilmuan dan prinsip-prinsip inovasi |
KK11 | Mampu melaksanakan kegiatan penilaain dan evaluasi proses dan hasil belajar yang shahih, handal, objektif dan praktis (sesuai dengan karakteristik pembelajaran fisika) |
KK12 | Mampu melakukan analisis refleksi terhadap pembelajaran (melalui pengamatan dan umpan balik dari peserta didik) untuk peningkatan kualitas pembelajaran |
KK13 | Mampu mempromosikan pentingnya pembelajaran fisika bagi siswa, orang tua siswa, maupun masyarakat umum dengan menggunakan media komunikasi konvensional atau mutakhir yang efektif dan relevan |
KK14 | Mampu merencanakan kariernya sendiri (career and personal development) |
KK15 | Mampu melakukan penelitian pendidikan dengan pendekatan kuantitatif dan atau kualitatif untuk menyelesaikan masalah pembelajaran fisika dan membuat laporan hasil penelitian dalam bentuk artikel ilmiah |
KK16 | Mampu menjalin hubungan professional dan interpersonal secara konstruktif dan bertanggung jawab untuk membantu menyelesaikan persoalan pendidikan dan pembelajaran baik secara individu maupun kelompok |
KK17 | Mampu memberikan alternative pemecahan masalah bidang sosial, humaniora, terapan dan kealaman yang terjadi pada individu, kelompok, organisasi, dan masyarakat tanpa membedakan suku, agama, ras dan tingkat usia |
KK18 | Mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis, serta membangun hubungan interpersonal dan interpersonal yang produktif berbasis iptek dan potensi lingkungan setempat serta sesuai standar proses dan mutu |
KK19 | Menguasai bahasa Inggris dalam pembelajaran fisika dan kegiatan forum ilniah fisika |
KK20 | Mampu melakukan aktivitas-aktivitas fisika untuk menjaga kesehatan sehari-hari |